Warga Lebak Diminta Waspada Kebakaran Di Musim Kemarau

Berita82 Dilihat

POROS1.COM – Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) setempat meminta kepada warga agar mewaspadai musibah kebakaran. Karena, saat ini musim kemarau melanda sejumlah daerah termasuk Kabupaten Lebak.

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Lebak, Dartim mengatakan, saat musim kemarau musibah kebakaran rentan terjadi. Karena berbagai benda yang rentan terbakar bisa dengan mudah menjalar yang mengakibatkan kebakaran hebat.

“Kami mengimbau seluruh elemen masyarakat agar mewaspadai terjadinya musibah kebakaran di musim kemarau. Karena rata rata api susah dikendalikan jika membakar lahan atau hutan,” kata Dartim, kepada wartawan, Minggu 20 Agustus 2023.

Untuk mencegah musibah kebakaran di pemukiman warga atau perkebunan dibutuhkan berbagai langkah awal guna pencegahan, seperti memeriksa instalasi listrik secara berkala dan memutuskan aliran listrik pada alat elektronik yang sudah tidak digunakan.

Selain itu, warga juga harus bersikap hati hati terhadap pemakaian lilin, obat nyamuk bakar, lampu teplok dan jauhkan korek dan pemantik api dari jangkauan anak anak. Bahkan yang paling sering terjadi kebakaran akibat kelalaian karena lupa mematikan kompor saat memasak, serta membakar sampah di areal yang kering.

Lanjut Dartim, saat ini kebakaran dilahan perkebunan juga kerap terjadi akibat pemilik kebun atau ladang membuka lahan baru dengan cara dibakar. Sehingga, percikan apinya dengan mudah menjalar ketempat lainnya yang ada di kebun.

“Musim kemarau ini harus lebih hati hati lagi, untuk meminimalisir terjadinya kebakaran, maka hindari barang barang yang mudah terbakar. Karena percikan apinya kini mudah merambat ketempat lain, pastinya semua benda berpotensi seperti kompor dan penggunaan listrik padam terlebih dahulu sebelum ditinggalkan,” papar Dartim.

Dartim menyarankan kepada warga agar segera menghubungi petugas jika terjadi kebakaran. Pihaknya saat ini selalu siaga jika diperlukan bantuan, untuk membantu warga. Kata dia, saat ini selain di wilayah perkotaan, petugas pemadam kebakaran disiagakan dibeberapa wilayah diantaranya di Kecamatan Malingping, Cileles dan Cipanas.

“Tidak hanya di wilayah perkotaan saja, kita juga sekarang menempatkan petugas Damkar di Kecamatan Kecamatan yang jauh dari perkotaan,” ungkap Dartim.

Iskandar, warga Kecamatan Malingping saat ini merasa lega. Karena petugas pemadam kebakaran disiagakan Pemkab Lebak diwilayahnya. Sehingga jika kebakaran melanda, setidaknya ada petugas pemadam kebakaran yang membantu masyarakat guna memadamkan api.(*)

Reporter : Ilham
Editor : Fadilah