Rekomendasi Destinasi Wisata di Kabupaten Lebak Jelang Libur Nataru 2023/2024

Nasional86 Dilihat

POROS1.COM – Liburan Natal 2023 dan tahun baru 2024 atau lebih dikenal dengan Nataru, mungkin kalian sedang mencari tempat-tempat asik dan seru di bagian Selatan Banten, khususnya Kabupaten Lebak. Bukan cuma Sawarna, tapi ada banyak yang dapat kalian kunjungi selama liburan Nataru.

Pantai Alau-alau Tawarkan Pesona Keindahan Laut dan Gunung Anak Krakatau Sawarna memang menjadi salah satu ikonik wisata Banten yang fenomena hingga ke jagat mancanegara, tapi mesti kalian ketahui sepanjang jalan dari Jakarta ke Sawarna, kalian akan menemukan banyak sekali tempat-tempat liburan. Mulai dari wisata alam hingga pantai yang menjadi tempat asik liburan Nataru kali ini. Yuk kita intip rekomendasi wisata Banten Selatan selain Sawarna.

PANTAI BAGEDUR
Pantai Bagedur di Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten, merupakan salah satu pantai yang istimewa untuk kalian kunjungi saat libur Natal dan tahun baru 2023. Pantai Bagedur adalah pilihan terbaik dengan menikmati ombak. Namun mesti kalian ketahui, Pantai Bagedur memiliki ombak yang begitu kuat, jika sedang dalam kondisi seperti ini dilarang untuk berenang di sana.

PANTAI PASIR PUTIH CIHARA
Atau dikenal oleh warga setempat dengan nama Pantai Pasput merupakan salah satu destinasi wisata Banten yang luar biasa, tempatnya yang persis berada di pinggir jalan raya Nasional, hingga ke Pantai Sawarna kalian akan menikmati luasnya Pantai di Banten Selatan.

PANTAI KARANG BEREUM
Permata Tersembunyi di Selatan Banten Pantai ini berada di jalan raya Nasional Bayah Malingping, dan terletak di Kecamatan Cihara. Pantai Sepanjang Jalan Nasional Selain Pasput, kalau kalian dari arah Jakarta ke Sawarna, jika sudah memasuki kawasan Malingping, Cihara, Panggarangan, Bayah dan Sawarna, maka sepanjang jalan kalian akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang begitu panjang dan luas sepanjang jalan tersebut. Terdapat banyak sekali nama tempat wisata di sana, mulai dari Pantai Sukahujan, Bidur, Bukit Sodong, Kelapa Warna, dan masih banyak lagi. Semuanya berada di sepanjang jalan tersebut.

Sawarna Ini sudah menjadi rahasia umum, namun kalian akan menikmati indahnya pantai di Desa Sawarna. Sama halnya dengan sepanjang jalan Nasional, kalian akan dimanjakan dengan banyaknya pantai yang ada di Desa Sawarna.

KEBUN TEH CIKUYA & CURUG CIPORALAK
Sudah tahu kan Kebun Teh yang ada di Cibeber? Yang disebut-sebut Lebak rasa Puncak. Nah kalau kalian berwisata ke kebun teh tersebut, turun kebawah kalian akan menikmati indahnya air terjun Ciporolak, apalagi liburan Natal dan Tahun baru, destinasi wisata ini menjadi pilihan pencinta alam. Gunung Luhur (Negeri di Atas Awan) Yang sempat viral beberapa tahun kebelakang disebut-sebut sebagai Negeri di Atas Awan. Yaitu salah satu Gunung yang berada di Desa Citorek, Lebak – Banten. Gunung ini menjadi salah satu gunung wisata alam untuk menikmati pemandangan awan, tentu serasa berada di atas awan.
Gunung Luhur Lebak ini merupakan destinasi wisata yang sangat cocok untuk dinikmati selama Nataru, apalagi bermalam, karena kalau kalian ingin menikmati awan yang tebal itu saat pagi dan sore hari. Selain itu, sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat wisata di sepanjang wilayah Banten Selatan.

PANTAI dan CURUG KANTEH
Pantai di Kecamatan Cilograng dan Curug Kanteh Kecamatan Cilograng yang berada di perbatasan antara Kabupaten Lebak dan Sukabumi yang dapat ditempuh 4-5 jam dari Jakarta dan Bogor, menyuguhkan panorama keindahan alam yang sangat elok, disuguhkan dengan hamparan pasir putih dan ekosistem alam yang sangat masih alami, kalau kawan kawan berwisata ke kecamatan cilograng ada beberapa obyek wisata yang bisa dikunjungi diantaranya:
Pantai Cibareno yang terletak di Desa Cibareno memiliki keunikan tersendiri, seperti terdapat pohon kelapa yang berjajar dibibir pantai sehingga memberikan kesejukan terhadap para pengunjung. Akses ke Pantai Muara Cibareno sudah mudah, dapat dilalui kendaraan roda 2 dan roda 4. Jarak tempuh dari Rangkasbitung sekitar 147 KM, sedangkan dari Jakarta berjarak 160 KM.

Selain itu, pantai ini juga memiliki pemandangan yang indah dan suasana alam yang tenang, sehingga dapat membuat hati para pengunjung akan terasa nyaman. Hal yang bisa ditemukan ketika berkunjung ke Pantai Muara Cibareno, yaitu Tradisi ngala impun adalah kegiatan para nelayan untuk menangkap ikan di area muara sungai Cibareno tepatnya pertemuan sungai dengan pantai Cibareno dimana yang ditangkap adalah ikan kecil sejenis ikan teri, dimana masyarakat kami menyebutnya dengan sebutan “Impun”. Fasilitas yang ada juga sudah memadai, yaitu area parkir, toilet, homestay dan glamping.

PANTAI CITARATE
Pantai Citarate berada di Desa Cireundeu Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak Provinsi Banten, Pantai Citarate tidak hanya menyuguhkan keindahan pantai, pesisir laut tapi juga pantai dikelilingi dengan Sawah, kebun kelapa dan muara sungai yang menambah keindahan pantai citarate. Pantai ini seperti Private Beach karena masih asri dengan ciri khas paduan Pantai, Sawah dan Muara Sungai bisa dinikmati sekaligus, selain itu juga Ikan segar hasil tangkapan nelayan lokal dapat menjadi penunjang untuk makan pengunjung yang bisa dibakar langsung di sekitaran Pantai Citarate. Selain itu disini juga banyak fasilitas spot foto yang baru dibangun seperti Puncak Teratai, Jembatan Warna, dengan view Pantai yang Indah, dan juga pantai ini terkenal dikalangan pecinta mancing mania penghasil Ikan berkelas.

KAWASAN WISATA DESA SAWARNA
Desa Sawarna yang terletak di Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak merupakan primadona bagi pengunjung yang hendak mengisi liburan panjang seperti libur nasional dan hari libur lainya. Setiap tahunnya kawasan ini menjadi salah satu lokasi yang paling banyak dikunjungi selama hari libur dengan jumlah yang mencapai ratusan ribu pengunjung. Terdapat beberapa destinasi wisata menarik yang dapat dikunjungi baik itu pantai, goa, dan panorama alam lainya. Berikut beberapa rekomendasi bagi pengunjung yang akan menikmati liburan di Kawasan Wisata Desa Sawarna :

PANTAI CIATIR
Pantai Ciantir merupakan salah satu sub-site dalam kawasan wisata sawarna. Memiliki ciri khas pasir putih yang membentang sepanjang 3 kilometer mulai dari Goa Langir sampai Tanjung Layar. Pesona Pantai Ciantir mampu menarik kunjungan baik wisatawan lokal, domestik maupun mancanegara

PANTAI KARANG BOGOR
Pantai Karang Bogor merupakan salah satu pantai yang wajib dikunjungi saat liburan ke Sawarna. Pantai ini menyuguhkan pemandangan laut yang menakjubkan

GOA LANGIR
Goa Langir adalah salah satu daya tarik yang sedang hits belakangan ini, Karang-karang terjal di Sawarna menyembunyikan gua-gua yang dinaungi tebing tinggi, salah satunya Goa langir, bingkai pintu goa ini dapat menjadi komposisi yang indah dalam sebuah foto, tebing tebingnya yang terjal sangat menantang untuk aktifitas climbing.

PANTAI KALAPA WARNA
Pantai ini memiliki keindahan yang disajikan di lokasi wisata pantai, yang ada di Lebak Selatan Banten. Dengan suguhan aneka spot foto serta kesejukan udara dan hembusan anginnya. Di sekitar pantai kelapa warna sangat rindang dan teguh karena pohon kelapa yang sangat rapi berjejer sehingga membuat suasana semakin indah dan sejuk. Yang sangat menarik ternyata pohon kelapa yang ada di lingkungan wisata semua berwarna warni layaknya pelangi, dan ini rupanya yang menjadi ciri khas pantai ini dengan aneka warna pohon kelapanya.

GUNUNG LUHUR CITOREK (NEGERI DIATAS AWAN)
Gunung Luhur Citorek (Negeri di Atas Awan)
Menikmati sunrise di Gunung Luhur dengan udaranya yang sejuk, resapan embun pagi di wajah sangat menyegarkan, sentuhan sinar mentari pagi yang menggelitik dengan lembut, ditemani kopi hangat di depan tenda. Hamparan awan bak lautan gulali bisa dinikmati dari sehabis fajar sampai matahari mulai naik, sangat disarankan menginap untuk tidak tertinggal momen sunrise, bisa menginap di cottage-cottage yang tersedia ataupun sewa tenda dan membuat api unggun bersama kawan.(*)

Editor : Fadilah