Keren, Tiga Event Bergengsi Di Lebak Masuk Agenda KEN 2024

Nasional62 Dilihat

POROS1.COM – Tiga event bergengsi asal Kabupaten Lebak pada tahun 2024 ini berhasil masuk pada agenda Karisma Event Nusantara (KEN) yang di gelar oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ketiga event bergengsi dari Lebak itu adalah Festival Seni Multatuli, Seba Baduy dan Seren Taun Kasepuhan Cisungsang.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak, Imam Rismahayadin mengaku, penunjukan ketiga event kebanggaan Lebak tersebut di ajang KEN menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Hal tersebut dikarenakan ajang tersebut merupakan kumpulan event berkualitas di 38 Provinsi di Indonesia yang menjadi strategi kolaborasi antara Kemenparekraf dengan Pemerintah daerah, serta komunitas melalui penyelenggaraan kegiatan yang berkualitas.

“Ini sebuah kebanggaan bagi Lebak, karena ketiga event tersebut masuk dalam kalender KEN 2024,” kata Imam, kepada Wartawan, Selasa (27/2/2024).

Kata Imam, penunjukan ketiga event tersebut juga menjadi sebuah peningkatan tersendiri bagi Kabupaten Lebak. Karena, pada tahun sebelumnya Lebak hanya mengirimkan dua event yang masuk dalam kalender KEN, yakni Seba Baduy dan Festival Multatuli. Kata Imam, penujukan ketiga event itu juga hadir untuk mempromosikan pariwisata khususnya budaya dan kesenian tradisional Kabupaten Lebak.

Sehingga menurut Imam, kehadiran ketiganya diharapkan dapat meningkatkan kegiatan pariwisata yang berkualitas. Tentu saja, guna menghadapi agenda KEN 2024, pihaknya sejak Oktober 2023 lalu, mengajukan event dan mengikuti Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk dapat dinilai atau dikurasi oleh kurator nasional yang terdiri dari para tenaga ahli dan profesional yang dipilih oleh Kemenparekraf. Selanjutnya Pemerintah Kabupaten, secara bertahap berhasil meyakinkan Kementrian Pariwisata untuk menunjuk event bergengsi dari Lebak, lebih dari tahun sebelumnya.

“Kami jauh jauh hari mempersiapkan agar beberapa event bergengsi asal Lebak masuk agenda KEN. Dengan hasil akhir kita diberikan kepercayaan oleh Kemenparekraf,” tutur Imam.

Kedepan, Imam berharap dengan ditunjuknya tiga event tersebut kedalam agenda KEN dapat membangkitkan geliat event daerah dengan mempromosikan destinasi wisata sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisata, memberdayakan potensi lokal, dan meningkatkan transaksi ekonomi bagi pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif.

“Kita akan terus berkolaborasi bersama seluruh stakeholder event mempersiapkan ketiga event ini secara matang, sehingga diharapkan mampu menggeliatkan ekonomi melalui event daerah,”tutup Imam.

Eko Unus, seorang penggiat wisata dan budaya asal Lebak, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Lebak yang telah berhasil bersaing guna menyumbangkan ketiga event bergengsi di acara Karisma Event Nusantara.(Red)

Editor : A Fadilah