DLH Lebak Benahi Titik Penilaian Adipura

POROS1.COM – Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat terus melakukan penataan dan pemantauan di sejumlah titik fasilitas umum yang menjadi target penilaian Adipura.

Kepala DLH Lebak, Iwan Sutikno mengatakan, penilaian terhadap piala Adipura akan dilakukan oleh tim dari pusat, dengan waktu dan tempat tidak diketahui, adapun penilaian dilakukan di fasilitas umum seperti Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, sekolah, gedung SKPD, Terminal, pasar, Stasiun, perairan terbuka atau situ sampai hutan kota.

“Yang jadi titik penilaian terbesar adalah pasar dan TPA Sampah, di dua titik tersebut sedang kita lakukan perbaikan dan penataan sampah serta penempatan para pedagang,” kata Iwan Sutikno, Rabu 13 September 2023.

Menurutnya, yang menjadi penilaian khusus yakni TPA, dan secara umum TPA dengung sudah memenuhi kriteria baik dalam pengolahannya maupun penataan drainase dan luasannya.

“Kita akan maksimalkan dalam melakukan penataan di titik-titik yang menjadi penilaian tim Adipura dan tentu kita pasang target raih piala,” ujarnya.

Erik Kusuma, Kabid Penataan dan peningkatan kapasitas lingkungan hidup (PPKLH) pada DLH Lebak menambahkan, dalam menyongsong penilaian Adipura, pihaknya juga telah melakukan beberapa kegiatan seperti jumsih (Jumsih) yang dilakukan seluruh komponen masyarakat mulai dari OPD, Sekolah, Kelurahan/Desa dan Kecamatan.

“Saat ini kita galakan Jumsih bersama OPD, sekolah dan masyarakat,” papar Erik.

Lanjut Erik, penataan yang dilakukan DLH dalam meraih piala Adipura, bekerja sama dengan Bank sampah ditingkat RW yang dikelola oleh kelurahan atau desa. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi sampah.

“Kita gandeng bank sampah yang sudah terbentuk dimasing-masing RW dan semuanya berjalan dengan baik. Untuk itu kita optimis kita dapat meraih piala Adipura, dengan syarat masyarakat semuanya sadar akan kebersihan dan ketertiban lingkungan,” ucap Erik.(*)

Reporter : Fakih
Editor : Fadilah