Kejar Ketertinggalan Daerah, Pj Bupati Lebak Konsen Pembangunan infrastruktur

Berita32 Dilihat

POROS1.COM – Penjabat Bupati Lebak Iwan Kurniawan mengaku dia akan konsen terhadap pembangunan infrastruktur untuk kemajuan daerah sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan melepaskan daerah setempat dari ketertinggalan.

Menurut Iwan, infrastruktur yang layak merupakan keharusan dalam kemajuan suatu daerah. Karena, sektor usaha dan wisata akan tumbuh dengan baik jika infrastrukturnya memadai.

“Kita sudah memetakan untuk kemajuan daerah dengan memfokuskan pembangunan infrastruktur dan bisa direalisasikan tahun 2024,” kata Iwan, saat kopi morning bersama PWI Lebak di Rumah Dinas Pj Bupati, Jumat (1/12/2023).

Lanjutnya, pembangunan infrastruktur tentu berdampak secara langsung terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan selama ini, pembangunan di Kabupaten Lebak masih tertinggal jauh dibandingkan dengan daerah lain di Provinsi Banten.

“Oleh karena itu, Saya ingin melanjutkan pembangunan Kabupaten Lebak menjadi lebih baik dan waktu saya hanya setahun sebagai Pj akan dimaksimalkan,” ujarnya.

Ia menjelaskan pembangunan infrastruktur dipastikan dapat mengatasi kemiskinan ekstrem yang ditargetkan secara nasional pada 2024 nol persen, menurunkan prevalensi stunting, dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi makro serta pengendalian inflasi.

Program pembangunan infrastruktur itu, di antaranya jalan, pariwisata, kesehatan, dan pendidikan. Pada 2024 akan direalisasikan pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) regional oleh pemerintah pusat dan provinsi di daerah setempat. Untuk itu, Iwan meminta dukungan semua pihak untuk pembangunan kemajuan daerah di Lebak ini.

“Kami bekerja keras ingin pembangunan Kabupaten Lebak menjadi lebih baik dan bisa mengejar ketertinggalannya. Kami tetap komitmen untuk membangun ‘Bumi Multatuli’ , meski jabatan Pj Bupati Lebak yang waktunya bisa sebentar juga bisa lama,” kata Iwan.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kabupaten Lebak Anik Sakinah mengatakan guna mendukung kebijakan Penjabat Bupati Lebak yang baru menjabat dua pekan lalu itu, tentu perlu dibangun sinergi dengan berbagai elemen masyarakat, termasuk pers.

Ia menyebut pembangunan yang digagas penjabat bupati itu sebagai inovasi untuk percepatan pembangunan daerah setempat.

Pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas itu dipastikan dapat memberikan multi efek cukup besar untuk penghapusan kemiskinan ekstrem, penurunan prevalensi stunting, dan peningkatan ekonomi makro, serta mengendalikan inflasi.

Untuk mendukung pembangunan tersebut, nantinya semua organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lebak bisa bersinergi dengan wartawan melalui pemberitaan rilis yang bisa disampaikan ke media sehingga dapat diakses masyarakat luas.

“Kami ke depan semua OPD memiliki tim agar mampu membuat rilis kegiatan program pembangunan,” katanya.

Ketua PWI Kabupaten Lebak Fahdi Khalid mengapresiasi inovasi Pj Bupati Lebak untuk membangun daerah ini menjadi lebih baik, sehingga patut didukung oleh semua pihak guna terwujud kesejahteraan masyarakat.

“Kita tentu sebagai organisasi wartawan mendukung pemberitaan yang positif guna kemajuan indeks pembangunan itu,” ucapnya (*)

Reporter : Fadilah