Rumah Makan Padang Serba Rp 10 Ribu di Rangkasbitung Sepakat Naikan Harga Rp 12 Ribu

Berita46 Dilihat

POROS1.COM – Pemilik rumah makan Padang serba Rp 10 ribu di Kota Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, sepakat menaikan harga jual paling murah menjadi Rp 12 ribu yang awalnya Rp 10 ribu satu porsi atau sebungkus nasi. Hal tersebut dikarenakan naiknya harga sejumlah bahan baku, seperti beras, daging ayam, daging sapi, minyak goreng, serta bahan bahan pokok lainnya.

“Dalam rapat akbar dua hari lalu yang dihadiri oleh ratusan pengusaha rumah makan Padang serba Rp 10 ribu di sekretariat IKM,n semuanya sepakat menaikan harga sebungkus nasi atau se porsi nasi dengan lauk pauknya dari Rp 10 ribu menjadi Rp 12 ribu paling murah,” kata Jamaludin Chaniago ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kabupaten Lebak kepada wartawan, Senin (30/10/2023).

Menurut dia, alasan pengusaha rumah makan Padang serba Rp 10 ribu menaikan harga menjadi Rp 12 rbu, karena kondisi ekonomi setahun lalu dengan sekarang sangat jauh berbeda, terutama sejak adaya kenaikan harga BBM yang diikuti oleh kenaikan harga bahan baku masakan Padang.

”Idealnya satu porsi nasi Padang itu Rp 15 ribu, namun mereka sepakat menetapkan harga Rp 12 ribu biar terjangkau oleh masyarakat,” ujarnya.

Jamaludin mengatakan, pemberlakukan harga se porsi nasi Padang dari Rp 10 ribu menjadi Rp 12 ribu ini akan berlaku efektif pada 3 November 2023.

“Jika ada yang membandel dan tidak mau menaikan harga menjadi Rp 12 ribu akan ada sanksi,” paparnya.

Diketahui, rumah makan Padang dengan harga makanan hanya Rp 10 ribu satu porsi tersebut biasanya banyak dijumpai di seputaran Kota Rangkasbitung, dan sepanjang ruas jalan utama dan kota kota di kecamatan di Kabupaten Lebak hingga tempat strategis lainnya.

Seorang pengusaha rumah makan Padang serba Rp 10 ribu mengaku, menjual nasi seharga Rp 10 ribu memang tidak besar keuntungan yang diperoleh, namun uang yang di dapat lebih cepat perputarannya karena banyak yang membeli.

Meski terbilang murah, bukan berarti ia menyajikan menu seadanya. Pilihan yang disediakan cukup banyak, bahkan tidak kalah dengan menu rumah makan pada umumnya.

Beberapa di antaranya, ayam bakar, ikan asam padeh, ayam bumbu, lele goreng, ayam gulai, ikan nila bakar dan menu lainnya dengan harga Rp 10 ribu lengkap dengan air minum.(Red)