Tak Ada Sekat Dengan Rakyat, Al Muktabar Disebut Layak Jadi Calon Gubernur Banten 2024

Berita106 Dilihat

POROS1.COM – Menjadi orang nomor satu di Banten tak membuat Al Muktabar selalu dijaga oleh pengawal dan diatur oleh protokoler. Bahkan, dirinya acap kali menemui warga dan bawahan tanpa ada batasan.

Pola kepemimpinan Sekda defintif Banten yang sudah 15 bulan menjabat sebagai Penjabat (Pj ) Gubernur Banten ini, kerap membuat kaget anak buah dan masyarakat yang tiba tiba didatangi oleh seorang kepala daerah hanya untuk sekadar menanyakan kabar dan memberikan semangat.

Sudah menjadi hal biasa bagi seorang Al Muktabar masuk ke pasar, hingga membaur dengan para pedagang untuk memantau harga hingga masyarakat biasa kerap dilakukannya.

“Bahkan saat kunjungan kerja ke Tangerang, bapak (Pj Gubernur) makan bakso di pinggir jalan, dan langsung beliau menjadi tukang bakso dadakan,” ujar seorang PNS di lingkungan Pemprov Banten yang eggan dituis namanya kepada wartawan, Selasa (12/9/2023).

Menurutnya, pola kepemimpinan Al Muktabar yang cepat dan tak suka protokoler ini, berbeda jika dibandingkan dengan gubernur sebelum-sebelumnya.

“Kecekatan dan kecepatan beliau jauh berbeda dengan pemimpin sebelumnya,” cetus pegawai eselon 3 paruh baya yang mengaku sudah 3 kali mendampingi Gubernur dan Pj Gubernur di Banten ini.

Lain lagi cerita Anjas, seorang anggota Satpol-PP yang bertugas sebagai Pamdal (Pengamanan Dalam) rumah dinas Gubernur Pendopo Lama yang mengaku kaget, saat dirinya dan teman teman tengah bancakan (makan bersama) di tengah jalan pendopo tiba tiba datang Pj Gubernur dengan mobil dinasnya memasuki pekarangan rumah dinas.

Karuan saja, para Pamdal yang tengah asyik makan beralaskan daun pisang dengan menu jengkol dan ikan asin itu buru buru berdiri menyambut kedatangan orang nomor satu di tanah jawara tersebut.

Namun bukannya marah melihat anak buahnya makan beralaskan daun pisang di tengah jalan pendopo, pria dengan ciri khas rambut gondrong itu malah turun dari mobil dinas dan ikut membaur makan bersama para Pamdal beralaskan daun pisang dengan menu seadanya.

“Dikira kami mau dimarahin, karena makan dengan cara ngampar daun pisang di tengah jalan pendopo.Nggak taunya bapak juga ikut bersila makan bersama kami,” kata Anjas.

Anjas mengatakan, saat itu Pj Gubernur makan dengan lahap dan berkeringat meski menu yang tersaji sangat sederhana.Yaitu, nasi, lalapan jengkol,sambal dan sayur asem.

Terpisah, Salah seorang pejabat Bapenda Banten yang enggan disebutkan namanya, bahwa Pj Gubernur Banten sudah layak di calonkan sebagai Cagub atau cawagub Banten pada 2024 mendatang.

“Kami para PNS berharap ada yang meminang pak Al, mengingat pengalaman beliau sebagai seorang birokrat tidak diragukan lagi,” ucap seorang PNS yang bertugas di Samsat Balaraja ini.(*)

Editor : Fadilah