UKW Tingkatkan Kapasitas Wartawan

Nasional43 Dilihat

POROS1.COM – Dua Lembaga Uji (LU) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Fakultas Ilmu Komunikasi dr Mustopo Beragama mengumumkan hasil Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tahun 2023 yang difasilitasi Dewan Pers di Hotel Episode, Tangerang, Banten.

Kegiatan yang digelar selama dua hari sejak 30 sampai 31 Agustus 2023 itu tidak pungut biaya yang diikuti puluhan peserta dari jenjang muda dan madya, berasal dari beberapa daerah termasuk Banten dan Jakarta.

“Dari 18 peserta Anggota PWI yang mengikuti UKW jenjang muda 12 dan madya 6, dan berdasarkan absen ada 2 orang yang tidak bisa hadir karena sakit, dengan demikian dari 18 anggota PWI yang mengikuti UKW pada hari ini ada 16 semuanya di nyatakan kompeten,” kata CR Nurdin, seorang penguji, Kamis 31 Agustus 2023.

Lebih lanjut, Nurdin mengucapkan terima kasih kepada dewan pers yang telah memfasilitasi segala kebutuhan acara UKW untuk meningkatkan kapasitas wartawan.

“Sebagai timbal baliknya saya minta wartawan membangun peradaban dan pencerahan lewat berita-berita yang bermanfaat dan saya kira wartawan yang kompeten akan menggabungkan berita dengan ibadah untuk menunjang pembangun,” paparnya.

Dengan bekal kompetensi, Nurdin mengajak wartawan untuk menyajikan berita yang benar dan bermanfaat, bukan berita sesat dan menyesatkan. Untuk itu ia berpesan kepada teman-teman wartawan untuk mendahulukan berita yang manfaat untuk pembaca.

“Di dalam Al Qur’an ada ayat yang seakan-akan ayat itu diturunkan untuk wartawan dan menjadi kode etik jurnalistik yang akan membedakan mana aib mana kejahatan, mana pribadi mana kebijakan dan yang boleh adalah membuka kejahatan bukan membuka aib,” tandasnya.

Sementara, Lembaga Uji Fakultas Ilmu Komunikasi dr Mustopo Beragama, Retno Intani mengatakan, saat ini dewan pers sudah bergerak cepat mengeluarkan sertifikat kompeten dan meminta peserta UKW mengunjungi web resmi dewan pers untuk melihat sertifikat yang sudah di keluarkan.

“Uji kompetensi wartawan angkatan ke 38 oleh lembaga uji Fakultas Ilmu komunikasi Universitas dr Mustopo Beragama berjumlah 24 peserta jenjang muda, peserta dinyatakan belum kompeten sebanyak 2 orang dan yang dinyatakan kompeten 22 orang,” pungkasnya.(*)

Editor : Fadilah