Tangkapan Ikan Nelayan di Lebak Meningkat

Nasional48 Dilihat

POROS1.COM – Hasil tangkapan ikan nelayan Binuangeun, Desa Muara, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mulai meningkat, seiring dengan cuaca dalam sepekan terakhir membaik. Karena, sebelumnya, nelayan terpaksa tidak melaut lantaran badai dan angin kencang menerjang laut selatan Banten.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kecamatan Wanasalam, Toton Sopyan mengatakan, cuaca saat ini di laut Selatan Banten membaik sehingga berdampak positif pada hasil tangkapan ikan para nelayan.

“Sudah seminggu ini cuaca mulai membaik sehingga hasil tangkapan ikan nelayan di wilayah kami meningkat, terutama nelayan tradisional yang menggunakan jaring rampus dan gilnet,” kata Toton, kepada Wartawan, Rabu 30 Agustus 2023.

Menurut dia, jenis ikan hasil tangkapan para nelayan di Binuangeun yang saat ini melimpah ada dua jenis ikan dan untuk pemasarannya sangat pesat.

“Ikan hasil tangkapan para nelayan saat ini yaitu jenis ikan tongkol yang ditangkap menggunakan jaring gilnet dan ikan layur ditangkap menggunakan jaring rampus. Ikan-ikan itu pemasarannya sangat pesat, karena banyak dicari,” ujarnya.

Toton berharap cuaca kedepan terus membaik dan tangkapan ikan para nelayan terus meningkat sehingga perekonomian masyarakat nelayan pun sejahtera.

“Kami bersyukur hampir semua nelayan turun melaut, karena cuaca saat ini sedang bersabar,” tuturnya.

Jaka, nelayan tradisional Binuangeun, Desa Muara menyatakan, dalam menangkap ikan dia menggunakan jaring rampus, untuk hasil tangkapan ikan sudah mulai membaik sehingga ada sisa dari bahan bakar.

“Alhamdulillah berhasil mendapatkan ikan layur, bahan bakar tergantikan dan ada lumayan lebihnya buat keluarga. Sebelumnya, kami terkadang ada hasil, kadang pas-pasan buat ganti bahan bakar, bahkan sering juga nombok buat menutupi beli bahan bakar,” ungkapnya.

Sementara itu, sekretaris Dinas Kelautan dan perikanan Lebak, Bernardi membenarkan jika tangkapan ikan nelayan di Lebak selatan saat ini meningkat. Karena cuaca yang memungkinkan untuk nelayan menangkap ikan.

“Walau demikian, kami minta nelayan tetap waspada dan hati-hati saat melaut, karena terkadang cuaca saat ini bisa berubah dalam waktu singkat,” ucap Bernardi.(*)

Reporter : Yudi
Editor : Fadilah