6 Hektar Lahan Perhutani Di Lebak Ludes Terbakar

Berita35 Dilihat

POROS1.COM – Area lahan perhutani seluas hampir enam hektar ludes terbakar. Lokasi lahan perhutani tersebut yang terletak tak jauh dari pemukiman warga di Kampung Lebak Jati, Desa Keramat jaya, Kecamatan Gunung Kencana, Kabupaten Lebak terjadi pada, Rabu (16/8) sekitar pukul 14.30 WIB.

Rudi, warga Lebak Jati mengatakan, sekitar pukul 8 pagi, kepulan asap hitam sudah mulai terlihat dari arah barat dan sekitar pukul 12 siang asap tersebut semakin tebal dan menjalar ke lahan sebelah selatan, hingga sore hari sekitar pukul 16:25:15 api terus membesar hingga ke pinggir jalan raya, mendekati pemukiman warga.

“Warga tidak ada yang berani memadamkan api, karena api cukup besar, sehingga kami dan warga lainnya melaporkan dan menunggu tim pemadam kebakaran saja,” kata Rudi, kepada wartawan, Kamis 17 Agustus 2023.

Lanjut dia, menjelang magrib yakni sekitar pukul 17.15 WIB tim damkar dari kecamatan Cileles dan dibantu petugas perhutani datang untuk memadamkan api yang sudah menyebar ke berbagai penjuru.

“Alhamdulillah, api tidak sampai ke pemukiman, karena warga sudah mengantisipasinya,” ujarnya.

Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama mengaku telah mendapatkan laporan lebaran lahan di area lahan perhutani di Gunung Kencana. Dalam peristiwa tersebut, diketahui tidak ada korban jiwa dan api yang membakar lahan tersebut tidak sampai ke perumahan.

“Kami mengimbau agar warga waspada, jangan membakar lahan di musim kering saat ini,” ucap Febby (*)

Reporter : Ilham
Editor : Fadilah