SMAN 1 Rangkasbitung Borong Piala AHMBS

Nasional34 Dilihat

POROS1.COM – Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Rangkasbitung memborong piala pada ajang Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) tingkat regional Banten yang berlangsung di kota Serang. Piala yang berhasil dibawa pulang siswa SMAN 1 itu setelah empat perwakilan sekolah yakni Miftahu Shalihah, Kayla Ainurrahmatiani, Dede Tanza dan Dimas syahdu Hakim berhasil keluar sebagai juara satu dan tiga dilomba Sains.

Kepala SMAN 1 Rangkasbitung, Ucu Lena Murtadewi, siswa siswAi yang mengikuti lomba AHMBS tersebut berhasil keluar sebagai juara satu dan tiga. Sehingga kata dia, prestasi yang ditorehkan itu menjadi sebuah kebanggaan dan patut dijadikan contoh bagi siswa lainnya.

“Keempat siswa siswa itu berhasil menjadi juara satu dan tiga dalam lomba Sains yang digelar AHMBS di Serang,” kata Ucu, kepada Wartawan, Rabu 9 Agustus 2023.

Menurut Ucu, bidang materi lomba yang dibawakan oleh siswanya tersebut berhasil menarik perhatian dari para juri. Soalnya Miftahu Shalihah dan Kayla, menampilkan penelitian tentang produk penyembuhan jerawat alami yang terbuat dari biji pepaya serta ekstrak bunga telang dan penambahan tepung Maizena membuat panitia takjub dan mendapuknya menjadi juara satu.

Sedangkan Dede Tanza dan Dimassyahdu Hakim, keluar sebagai juara ketiga setelah keduanya menampilkan Ekstrak daun Kacapiring (Gardenia Jasminiodes) sebagai pewarna alami eskrim sehat beraneka rasa. Dengan begitu kata Ucu, prestasi keempat siswa itu diharapkan menjadi dorongan motivasi bagi siswa lainnya, agar bisa mengikuti jejak mereka.

“Ini sebuah kebanggaan bagi kami tentunya, semoga jejak yang telah mereka torehkan bisa diikuti yang lainnya,” harap Ucu.

Sekedar diketahui kata Ucu, lomba AHMBS ini diikuti oleh siswa dari SMA/SMK yang berada di Provinsi Banten. Sehingga, tidak mudah untuk menjadi juara, lantaran harus berkompetisi dengan peserta dari daerah lain.

Terpisah Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Kabupaten Lebak, Gugun memberikan apresiasi atas raihan prestasi dari siswa siswi SMAN 1 Rangkasbitung. Kata dia, keberhasilan itu tentunya bagian daripada ikhtiar bersama dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, melalui KCD yang terintegrasi dengan pihak sekolah. Sehingga, ikhtiar itu mendorong inovasi dan nilai nilai kreatifitas peserta didik. Dilain pihak juga keikutsertaan dalam ajang AHMBS selaras dan menjadi indikator keberhasilan dari implementasi kurikulum merdeka.

“Saya ikut bangga tentu ini merupakan keberhasilan semua pihak. Terlebih pihak sekolah bisa mendorong dan mensupport pengembangan minat dan bakat peserta didik secara komprehensif, sesuai dengan arahan dari Dindikbud Banten,” ucap Gugun.(*)

Editor: Fadilah