Sekda Lebak Lantik 137 Kepala Sekolah Jenjang SD dan SMP

Berita70 Dilihat

POROS1.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Lebak Budi Santoso melantik 137 Kepala Sekolah mulai dari jenjang SD dan SMP yang bertempat di Gedung PGRI Rangkasbitung, Senin 31 Juli 2023.

Dalam sambutannya, Budi Santoso mengatakan, proses promosi dan rotasi ini sebagai langkah pemerintah daerah dalam memenuhi kebutuhan kepala sekolah di Kabupaten Lebak.

“Kita tidak bisa pungkiri saat ini terdapat sekolah-sekolah khususnya jenjang SD yang dijabat oleh Plt, maka dari itu dengan adanya pelantikan ini kami memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) pada proses manajemen kelembagaan satuan pendidikan daerah,” kata Budi.

Budi berharap, kepala sekolah dapat mengemban tugas dan pokok sebagai kepala satuan pendidikan dengan maksimal. Sehingga mampu menjawab setiap tantangan yang dihadapinya.

“Maka dari itu besar harapan saya, semua kepala sekolah dapat memaksimalkan potensi diri, untuk mengembangkan kualitas layanan pendidikan,” harapnya.

Menurut Budi, seorang guru memiliki peranan yang sangat penting dalam mencetak generasi-generasi muda yang unggul. Begitu pula dengan seorang kepala sekolah yang mendapat amanah untuk memimpin sekolahnya, sebagai ujung tombak dalam dunia pendidikan.

“Guru dan Kepala sekolah wajib memiliki kapabilitas dan integritas untuk menjawab tantangan zaman yang saat ini sudah maju dan pesat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Lebak, Hari Setiono mengatakan, kegiatan hari ini (kemarin-red) selain promosi ada juga yang dirotasi yang jumlahnya 137 kepala sekolah.

“Kepala SD yang promosi sebanyak 43 orang dan yang terkena mutasi sebanyak 66 orang, sedangkan kepala sekolah jenjang SMP yang mendapat promosi sebanyak 10 orang dan yang dirotasi 18 kepala sekolah,” papar Hari.

Lanjut Hari, guna mencetak generasi unggul, salah satu caranya adalah dengan menjalankan Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Mengajar. Yang tak kalah pentingnya adalah mereka harus selalu kreatif, inovatif agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan menyenangkan. Dengan demikian, para peserta didik dapat menikmati seluruh proses pembelajaran.

“Semua itu tak hanya tugasnya kepala sekolah dan guru, tapi juga tugas dari seorang pengawas sekolah,” ungkap Hari.

Hari mengajak agar kepala sekolah terus bergerak maju sehingga mampu menghasilkan generasi muda yang berprestasi dan tentunya memiliki moral yang tinggi. Dengan generasi seperti itu maka Lebak akan mampu mengejar ketertinggalan, bahkan bisa jadi mengungguli kabupaten lainnya di Banten.

“Selamat kepada para kepala sekolah yang hari ini dilantik, saya harap bisa segera beradaptasi ditempat yang baru,” ucapnya.(*)

Editor : Fadilah