Ratusan Siswa SDN Caringin 2 Legok Dilatih Cara Menanam Pohon

Berita71 Dilihat

POROS1.COM – Ratusan siswa-siswi SDN Caringin 2, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang melakukan penanaman pohon dilingkungan sekolah mereka, Selasa (30/5/2023).

Penanaman berbagai jenis pohon pisang dibimbing langsung oleh guru mereka dengan tujuan membentuk karakter siswa peduli lingkungan.

“Gerakan menanam pohon ini dalam rangka meningkatkan kepedulian kepada siswa-siswi agar mereka terus menjaga kelestarian lingkungan dan kesehatan lewat tanaman,” kata Lesmana Aria Kusumah Neiranggana, seorang guru di SDN Caringin 2, kepada Wartawan.

Menurut dia, melalui gerakan menanam pohon bersama yang dilaksanakan di lingkungan sekolah ini adalah sebuah upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan dan kesehatan serta untuk mengedukasi siswa-siswi tentang kesadaran akan pentingnya penanaman pohon, selain itu juga untuk pemulihan kerusakan Sumber Daya Alam, keseimbangan ekosistem serta pelestarian lingkungan.

“Tidak hanya di lingkungan sekolah, kami juga mengajak siswa dan siswi kita untuk juga menanam pohon di lingkungan rumah atau tempat tinggal mereka,” terangnya.

Aria juga menjelaskan tentang manfaat dari menanam pohon, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari menanam pohon. Pohon yang di tanam ini dapat menghasilkan oksigen dan mengurangi karbondioksida, oksigen adalah gas yang diperlukan manusia dan hewan untuk bernafas. Jadi kalau menanam pohon dan pohonnya memproduksi oksigen, maka ketika manusia bernafas akan menghirup udara oksigen, dari tanaman yang di tanam itu.

“Menanam pohon juga bisa mengurangi polusi udara di lingkungan, pohon bisa membuat lingkungan sekolah dan rumah menjadi lebih sejuk, tenang, udara pun juga menjadi lebih bersih,” tutupnya.(Red)