Iti Harap FLS2N Dorong Siswa Kembangkan Kreatifitas

Berita84 Dilihat

POROS1.COM – Pendidikan dasar menjadi kunci penanaman karakter kepada siswa dan siswi sekolah dasar (SD), salah satunya melalui pengembangan kreativitas seni. Hal itu disampaikan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat membuka Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SD tingkat Kabupaten Lebak tahun 2023 di Gedung PGRI, Rangkasbitung, Senin (29/5/2023).

Melalui FLS2N ini Bupati berharap para siswa dapat mengembangkan diri melalui kesenian sehingga tumbuh rasa cinta terhadap seni, dengan begitu kekayaan seni budaya bisa tetap terjaga. Kegiatan positif ini juga menurutnya bisa sebagai wadah silaturahmi dan membangun solidaritas dan soliditas antar siswa maupun tenaga pendidik di Kabupaten Lebak.

“Hari ini merupakan ajang untuk menunjukan potensi seni anak-anak, maka mari tingkatkan kapasitas diri melalui kesenian. Jadikan ajang ini untuk bersilaturahmi dan menumbuhkan solidaritas serta soliditas menumbuhkan kecintaan terhadap Kabupaten Lebak,” kata Iti dalam sambutannya.

la pun berpesan kepada para siswa untuk selalu meningkatkan semangat belajar. Menuntut ilmu dan meningkatkan kapasitas diri dikatakan menjadi sebuah keharusan meskipun di tengah berbagai tantangan dan keterbatasan yang dihadapi, sehingga sumber daya manusia di Kabupaten Lebak bisa tumbuh beradaptasi dengan perkembangan zaman.

“Saya juga minta kurangi bermain hp, gunakan gadget seperlunya saja, karena jika digunakan berlebihan tanpa kenal waktu akan berdampak pada pelajaran anak,” ujar Iti.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak, Hari Setiono menyampaikan, bahwa FLS2N bisa menjadi sarana mengembangkan kreativitas seni, mengekspresikan minat dan bakat, serta menumbuh kembangkan semangat kompetisi yang sehat.

Hari pun mengajak kepada seluruh tenaga pendidik untuk meningkatkan motivasi melakukan pembinaan kepada para siswa, sehingga diharapkan setiap tahunnya terjadi peningkatan prestasi.

“Terima kasih kepada tenaga pendidik yang telah konsisten membina para siswa, jadikan ini sebagai motivasi kita bersama untuk meningkatkan prestasi kita kedepannya,” ungkap Hari.

Dikatakan Hari, pada acara FLS2N tingkat SD ini juga turut dimeriahkan oleh stand ekspos karya sekolah penggerak yang memamerkan hasil kreativitas karya siswa sebagai bentuk dukungan terhadap peningkatan ekonomi Kabupaten Lebak.(Red)

Editor: Fadilah