Penanganan Longsor Di Ruas Jalan Warung Banten Diapresiasi

Berita109 Dilihat

POROS1.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Banten melalui UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan (UPJJ) Wilayah Lebak melakukan penanganan longsoran tebing yang menimbun ruas Jalan Cipanas – Warung Banten, tepatnya di Kampung Parengrang, Desa, Majasari, Kecamatan Sobang. Longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur beberapa hari terakhir.

Kepala UPJJ Wilayah Lebak, Jodi Gumilar mengatakan, longsor yang terjadi pada Jumat (28/4) lalu membuat badan jalan tertimbun dan arus lalu lintas warga sempat terhenti. Namun, pihaknya bergerak cepat menangani longsor di ruas jalan Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak tersebut dengan mengerahkan alat berat yang memang sudah stand by di sana sejak arus mudik.

“Iya atas instruksi PJ Gubernur Banten kita siapkan alat berat di Ruas jalan Cipanas-Warung Banten yang memang rawan longsor, karena alat berat sudah ada disana penanganan longsor ini cepat kita lakukan tidak menunggu lama lagi,” kata Jodi, kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (2/5/2023)

Kepala seksi Pemeliharaan Jalan Jembatan (PJJ) UPTD DPUPR Banten Wilayah Kabupaten Lebak, Firman Zuliansyah menambahkan, longsor yang terjadi di titik ruas Cipanas-Warung Banten cukup parah. Longsor mengakibatkan akses jalan lalu lintas tertutup.

“Begitu dapat laporan, kita langsung gerak cepat menerjunkan alat berat ke lokasi longsor yang memang sudah stand by disana,” paparnya.

Firman meminta, agar masyarakat dan pengguna jalan berhati-hati di musim penghujan seperti sekarang ini. Apalagi di area jalan Cipanas-Warung Banten kontur tanahnya sangat rentan longsor.

“Kami bersyukur upaya penanganan sementara sudah dilakukan. Kendaraan sudah bisa melintas,” ungkapnya.

Sopian, warga Sobang mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan petugas PU Provinsi, Sehingga longsoran tebing yang menutup seluruh jalan bisa cepat ditangani.

“Sekarang sudah bisa dilewati baik kendaraan roda dua maupun roda empat (mobil). Namun kita masih khawatir adanya longsor susulan, karena beberapa titik ruas jalan Cipanas – warung Banten rawan longsor, terutama di musim penghujan,” ucapnya.(Red)