SMAN 1 Rangkasbitung Raih Juara Nasional Diajang Pelajar Pelopor Keselamatan

Nasional81 Dilihat

POROS1.COM – Faza Wiyan Pratama Pelajar SMA Negeri 1 Rangkasbitung berhasil meraih juara ke dua tingkat Nasional dalam ajang Pelajar Pelopor Keselamatan tahun 2023 yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan, Jumat 24 Februari 2023.

Prestasi gemilang yang ditorehkan Faza Wiyan Pratama tersebut, berkat karya ilmiahnya yang berjudul Realisasi Inovasi Sirine Kedatangan Kereta di Perlintasan Sebidang Tanpa Palang Pintu, Kampung Sengkol, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak.

“Alhamdulillah siswa kita berhasil menjadi juara ke 2 pada ajang Pelajar Pelopor Keselamatan tingkat nasional,” kata Kepala SMA Negeri 1 Rangkasbitung, Ucu Lena Murtadewi kepada wartawan, Senin (27/2/2023).

Menurut Ucu, Faza merupakan salah seorang siswa berprestasi di sekolahnya. Bahkan, kata Ucu, dia sudah beberapa kali menjadi juara di tingkat Kabupaten bahkan Provinsi. Dalam lomba pelajar pelopor keselamatan ini, Faza meraih juara dua menyingkirkan sejumlah sekolah yang diikuti SMA se Indonesia. Sedangkan untuk juara pertama dalam ajang ini disabet oleh Putri Naila Safira, pelajar asal SMAN 1 Padangpanjang, Sumatera Barat.

“Keberhasilan Faza ini tidak lepas dari para pembimbingnya, untuk itu saya ucapkan terimakasih kepada para pembimbing diantaranya ibu Ida Nurul Kifayati, pak Yayat, Civitas akademik Smansa Rangkasbitung, Dishub Lebak dan Banten yang menghantarkan Faza menjadi juara sekaligus membawa nama baik untuk Kabupaten Lebak,” paparnya.

Ucu juga berharap, hasil penelitian yang dikembangkan siswanya ini bisa diimplementasikan dan mampu meminimalisir terjadinya kecelakaan di perlintasan kereta api tanpa palang pintu.

“Semoga hasil karyanya ini juga bisa menginspirasi pelajar dan masyarakat lainnya. Sekali lagi, saya ucapkan selamat untuk Faza,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Komite SMA Negeri 1 Rangkasbitung, Fahdi Khalid mengapresiasi sekaligus mendukung penuh setiap bimbingan yang dilakukan para guru setempat (SMAN 1 Rangkasbitung). Karena, dengan bimbingan tersebut, terbukti dapat menghantarkan para siswa untuk lebih baik dan berprestasi.

“Kami akan terus support apa yang menjadi kebijakan sekolah untuk kemajuan dan prestasi siswanya,” ucap Fadhi Khalid.(ham)