Perangi Narkoba, Desa Cikamunding Luncurkan Gerakan Anti Narkoba

Uncategorized84 Dilihat

POROS1.COM – Pemerintahan Desa Cikamunding, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak menggelar diskusi bulanan bersama warga Cikamunding yang digelar di Balai Rakyat Desa Cikamunding bertajuk “Ikhtiar Berantas Narkoba di Desa Cikamunding”.

Kepala Desa Cikamunding, Yayan Hedayana mengatakan, bebas dari penyalahgunaan narkoba merupakan unsur terpenting menjadikan kehidupan masyarakat, khususnya di desa menjadi sejahtera dan sehat di masa depan. Oleh karena itu, upaya-upaya dan langkah strategis dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba harus dilakukan sejak dini oleh berbagai pemangku kepentingan yang terlibat di wilayah desa. Sehingga, penting untuk mendorong keterlibatan semua pihak di tingkat desa untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di seluruh wilayah Desa Cikamunding.

“Seringkali kita ini terjebak dalam situasi merasa bahwa sekarang kondisinya aman-aman saja dari narkoba. Begitu ada persoalan, baru semuanya merasa bahwa ini menjadi penting, karena itu penting kita terus berikhtiar melakukan pencegahan sedini mungkin,” kata Yayan Hendayana, saat Diskusi Bulanan Warga Cikamunding yang digelar di Balai Rakyat Desa Cikamunding, Rabu (15/2/2023).

Menurut kang Jaro sapaan akrab Kades Cikamunding, seluruh pemangku kepentingan dari mulai yang terdekat yakni keluarga, tokoh agama, masyarakat dan berbagai pemangku kepentingan harus dilibatkan. Sehingga, upaya ini akan efektif dalam mencegah masuknya narkoba ke desa. Kita semua memahami dan menyadari begitu bahayanya narkoba, maka harus terus kita gaungkan dan sosialisasikan secara masif baik dari aspek sosial dan kebijakan.

“Acara diskusi ini merupakan slaahsatu ihktiar kami dalam menjaga warga dari bahaya narkoba,” ujarnya.

Dalam mensinergikan hal itu, kata Hedayana, pihaknya kini mengajak seluruh elemen, khususnya para pemuda untuk berpartisipasi aktif menjadi relawan dalam gerakan Cikamunding Anti Narkoba.

“Program ini akan menjadi garda terdepan dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba di Desa. Dengan begitu, ancaman narkoba masuk ke desa dapat diantisipasi secara optimal,” ucapnya.(Ham)