Pelajar SMPN 5 Cikulur Belajar Pemilu Ke KPU Lebak

Politik94 Dilihat

POROS1.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak menerima kunjungan siswa- siswi SMPN 5 Cikulur, Kabupaten Lebak untuk mempelajari bagaimana tata cara pemilihan umum (Pemilu). Sebagai penyelenggara, KPU Lebak membuka ruang untuk mengenalkan kepemiluan sejak dini pada masyarakat.

Sekretaris KPU Lebak, M Rukby mengatakan,
pihaknya memiliki fasilitas Rumah Pintar Pemilu (RPP). Fasilitas ini juga dimiliki seluruh tingkatan KPU.

“Kunjungan itu merupakan inisiatif mereka (pelajar) ke KPU Lebak untuk belajar Pemilu,” kata Rukby, kepada Wartawan, Selasa (17/1/2023).

Menurut Rukby, sebagai penyelenggara Pemilu, pihaknya membuka ruang bagi berbagai elemen masyarakat untuk belajar terkait kepemiluan.

“Kita dengan senang hati akan memfasilitasi, baik itu pemilih pemula, atau bahkan pra pemilih seperti siswa SMP,” jelasnya.

Samsu Rizal, Kasubag Rendatin KPU Lebak menambahkan, lembaga KPU sebagaimana regulasi memiliki tugas melaksanakan Pemilu maupun Pilkada.

“Karena itu, semoga Indonesia memberi ruang untuk adik-adik di sini bisa menjadi bagian dari pemimpin bangsa di masa yang akan datang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 5 Cikulur, Teti Suryati menambahkan, kunjungan ke KPU Lebak ini masuk dalam kurikulum merdeka sebagai salah satu sekolah penggerak yang tujuannya menggali informasi terkait kepemiluan, agar mereka paham hak dan kewajibannya sebagai anak bangsa.

“Iya secara teori kita telah memberikan penjelasan kepada mereka, tapi dengan langsung ke KPU dan mereka yang menjelaskannya anak-anak bisa lebih faham. Karena KPU merupakan lembaga resmi penyelenggara KPU,” ucap Teti.(Red)