Lebak Diterjang Bencana Banjir dan Longsor, Ratusan Warga Dievakuasi

Berita, Nasional143 Dilihat

POROS1.COM – Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Lebak dengan durasi panjang membuat beberapa sungai meluap yang mengakibatkan banjir dan merendam rumah warga. Bahkan, terjadi longsor di tiga titik ruas jalan Rangkasbitung – Leuwidamar dan satu titik di ruas jalan Rangkasbitung – Malingping.

Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama mengatakan, beberapa ruas jalan yang ambles akibat longsor saat ini tengah ditangani Dinas PUPR Lebak.

“Ruas jalan yang ambles semuanya berada di wilayah perbukitan yang memang rawan longsor,” kata Febby, kepada wartawan, Selasa (3/1/2023).

Lanjut Febby, posko utama bencana BPBD Lebak telah merekap sementara data bencana yang masuk hingga siang ini diantaranya longsor terjadi di Ruas Jalan Rangkasbitung – Gunungkencana, Kecamatan Gunung kencana, Kecamatan Muncang tepatnya di Kampung Palendeng, Desa Sindangwangi, di Kecamatan Cimarga yakni Jalan raya tepatnya di Kampung Janglaoa, Desa Sankanmanik, di Kecamatan Bojongmanik di Kampung Cibeunyer hilir dan di Kecamatan Leuwidamar di Desa Lebak Parahyang.

“Ada tiga rumah yang rusak akibat longsoran tebing dan tidak ada korba jiwa. Untuk ruas jalan atau infrastruktur yang terdampak longsor ada 6 titik semua nya ada di Kecamatan Leuwidamar, lima titik ruas jalan kabupaten dan satu titik ruas jalan desa, saat ini tengah ditangani oleh Dinas PUPR Lebak,” papar Febby.

Adapun rumah yang terendam banjir akibat luapan aliran sungai sebanyak 481 rumah tersebar di Kecamatan Banjarsari 300 rumah, Kecamatan Gunung Kencana 95 rumah, Kecamatan Cimarga 86 rumah dan Kecamatan Kalanganyar delapan rumah.

“Saat ini banjir yang mengenang rumah warga masih terus meninggi, karena hujan dibagian hulu masih deras, kemungkinan rumah terendam akan terus meningkat,” ujar Febby

Dikatakan Febby, upaya yang telah dilakukan BPBD, menerjunkan relawan BPBD untuk melakukan evakuasi, pengumpulan informasi dan pendataan di lapangan untuk mengetahui kondisi mutakhir.

“Bantuan logistik telah kita siapkan bagi korban longsor maupun banjir dan akan kita salurkan ke masing-masing wilayah,” tuturnya.

Terpisah, Kabid Bina Marga Pada Dinas PUPR Lebak, Hamdan Soleh membenarkan, telah terjadi longsor di sejumlah ruas jalan dan pihaknya saat ini sudah menurunkan petugas dan alat berat.

“Keruskan jalan akibat longsor belum kita ketahui, karena petugas masih di lapangan melakukan pendataan dan penghitungan kerusakannya,” ucap Hamdan.(Kih)