Warga Cijoro Lebak Hentikan Paksa Pembangunan Pergudangan

Berita244 Dilihat

POROS1.COM – Sejumlah masyarakat Kelurahan Cijoro Lebak, Kecamatan Rangkasbitung terpaksa menghentikan pekerjaan pengurukan dan pembangunan turap milik seorang pengusaha asal Serang, Senin (2/1/2023). Pasalnya, dampak dari pembangunan yang diduga untuk pergudangan tersebut, dinilai tidak memperhatikan lingkungan sekitar hingga menyebabkan banjir dan keruskan pada rumah warga bahkan bangunan sekolah.

Muhamad Agus, Ketua Yayasan SDIT Al Husna mengatakan, dampak pembangunan yang tidak memperhatikan lingkungan dan sudah mengabaikan kesepakatan bersama sudah merugikan sekolah dan umumnya warga sekitar.

“Iya dampak dari pembangunan turap, lingkungan sekolah jadi banjir, karena saluran air menjadi menyempit akibat turap yang menutup sebagian drainase yang ada,” kata Agus, kepada Wartawan.

Menurut Agus, lahan kosong sebagai jarak antar bangunan kini sudah menyempit yang awalnya 60 Cm, sekarang menjadi 40 Cm yang membuat drainase menyempit, bahkan terjadi pendangkalan.

“Akibatnya air dari drainase meluber ke sekolah bahkan rumah-rumah warga,” ujarnya.

Ketua RW setempat, Ahmad Adun mengaku untuk perijinan lingkungan memang sudah ditempuh, namun hingga kini belum ada tanda tangan camat. Karena, ada beberapa persyaratan yang belum dipenuhi pemilik lahan.

“Iya memang kita sudah ada musyawarah, tapi hasil musyawarah dengan isi surat yang disodorkan untuk perijinan tidak sesuai dengan hasil musyawarah,” paparnya.

Untuk itu, kata dia, seluruh warga meminta agar pekerjaan dihentikan sementara sebelum bertemu dengan pemilik lahan.

“Kami juga menuntut agar turap yang sudah ada di robohkan karena dinilai tidak sesuai konstruksi dan rawan roboh, kami juga meminta agar tinggi turap tidak lebih dari dua meter,” paparnya.

Rustam, Salahseorang mandor menyatakan siap menghentikan pekerjaan demi kondusifitas lingkungan dan dia berjanji akan mendatangkan pemilik lahan ini.

“Iya kami sudah hubungi, kemungkinan sore ini atau besok datang untuk menemui warga,” ucapnya.(yud)